Monday, April 17, 2017

Jenis Makanan Ikan Arwana Pokok dan Alternatif

           Makanan Ikan ArwanaIkan arwana adalah ikan yang sering dibuat sebagai hiasan diaquarium. Arwana juga bisa dijadikan sebagai ikan kontes karena pecinta arwana di indonesia sendiri juga semakin banyak. Arwana juga memiliki keistimewaan tersendiri selain ikan ini bertubuh besar ikan arwana juga memiliki keindahan warna yang begitu mempesona. Untuk menjaga keindahan warna dan ikan arwana bertambah besar perlu adanya penjagaan dalam jenis pakan yang diberikan. Berikut jenis pakan arwana yang dapat diberikan.

Jenis – jenis Pakan Ikan Arwana

Jangkrik 

            Jangkrik adalah makanan favorit ikan arwana, selain kandungan gizi pada jangkrik yang lengkap jangkrik juga bisa menjadi pencerah warna karena adanya kandungan beta karotin pada jangkrik yang dapat mempercerah warna pada ikan arwana. Ikan arwana biasanya diberikan jangkrik yang muda dan usahakan ini menjadi makanan pokok ikan arwana. Setiap pemberian pakan jangkrik berilah jangkrik yang sudah kamu hilangkan kakinya agar tidak dapat menimbulkan luka pada mulut ikan arwana.
Jangkrik  pakan ikan arwana

Cacing Darah

            Cacing darah adalah makanan ikan arwana yang masih ukuran kecil tetapi juga dapat diberikan pada arwana dewasa. Cacing darah ini sangatlah mudah didapatkan dan juga dapat disimpan dalam frizer agar bertahan lama. Pakan ini biasa diberikan saat panjang ikan arwana 8 cm, setelah dewasa pakan biasanya diganti.
cacing darah ikan arwana

Kelabang

            Kelabang adalah makanan arwana yang cukup digemari karena bila kelabang ini sering diberikan makan ikan arwana akan sulit untuk memakan makanan yang lainnya oleh sebab itu usahakan kelabang menjadi selingan saja. Kelabang ini memiliki fungsi yang sama dengan jangkrik yaitu mencerahkan warna ikan arwana karena juga terdapat kandungan beta karotin. Kelabang ini juga sangat sulit untuk di cari bila ketemu ditoko biasanya harganya cukup mahal maka dari itu disaran kan agar kelabang menjadi makanan selingan ikan arwana.
Kelabang pakan arwana

Katak

            Katak adalah makanan alami ikan arwana bila di alam. Katak juga memiliki kandungan gizi yang sangat sangat membantu untuk postur tubuh ikan arwana tapi bila sering diberikan ikan arwana akan terlihat pucat. Cara pemberian makanan katak ini harus terlebih dahulu katak diberikan rehabilitasi agar parasit dan penyakit tidak menular ke ikan arwana. Disaran kan untuk katak dijadikan selingan makanan arwana.
Katak pakan arwana

Ikan Kecil – kecil

            Ikan kecil ini bisa digunakan sebagai makanan arwana dan menambah tingkat keagresifan arwana bila ikan tersebut diberikan secara hidup. Namun bila ikan arwana terlalu banyak gerak maka akan menimbulkan gesekan pada tubuh arwana ke aquarium sehingga akan menimbulkan luka. Disarankan ikan kecil diberikan dengan keadaan mati sehingga ikan tidak perlu terlalu banyak bergerak. Ikan kecil disarankan agar menjadi makanan selingan minimal 1 minggu sekali karena ikan kecil bisa dapat membawa penyakit dari luar.
Ikan Kecil – kecil pakan ikan arwana

Makanan Buatan / Pelet

            Pakan pelet adalah pakan arwana yang sangat praktis dan mudah didapat selain itu juga memiliki kandungan gizi yang lengkap. Namun ikan arwana cendrung lebih sukan makanan yang hidup.
Makanan Buatan / Pelet arwana

Cicak 

            Cicak adalah makanan selingan bagi arwana namun sebelum memberikan cicak kepada arwana terlebih dahulu cobalah, karena tidak semua ikan arwana mau untuk makanan berjenis cicak.
Cicak ikan arwana

Udang

            Udang adalah makanan arwana yang banyak manfaatnya sepertu halnya jangkrik dan kelabang. Udang disaran kan diberikan dengan menghilangkan capit atau kaki pada udang agar tidak terkena mulut arwana. Udang tidak disaran kan menjadi makanan  pokok karena bila sering diberi kan udang, ikan arwana akan sering melihat kebawah dan akan menyebabkan mata ikan menjadi juling.
udang pakan ikan arwana


Baca juga : cara merawat ikan arwana            



            Berikut artikel tenteng jenis Makanan ikan arwana dan menfaatnya bagi arwana. Bila ada kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarntya atas artiken tentang jenis makanan ikan arwana.


Related Posts

Jenis Makanan Ikan Arwana Pokok dan Alternatif
4/ 5
Oleh