Saturday, April 1, 2017

Cara Memilih Kriteria Ikan Cupang Kontes Juara


            Kriteria ikan cupang kontes tidaklah terlalu sulit selagi kita teliti ataupun tekun untuk merawat cupang tersebut maka ikan tersebut akan semakin bagus. Ikan cupang kontes juga dapat dijadikan ikan cupang hias yang sangat menarik untuk dilihat. Berikut adalah salah satu cara untuk memilih ikan cupang kontes :

ikan cupang kontes

ikan cupang hias

Kriteria Ikan Cupang Kontes

Kondisi Ikan Cupang

Kesehatan ikan memanglah sangat penting selain mempengaruhi bentuk tubuh dan berenang nya kesehatan ikan cupang juga mempengaruhi warnanya. Berikut cara melihat  ikan cupang yang sehat adalah ikan cupang bergerak agresif/lincah, warna cerah, ekor tidak kelihatan kusut dan ketika melihat ikan cupang lainnya ikan akan mengembangkan siripnya.

Pemberian Pakan Ikan Cupang

Kemudian pemberian pakan nya kalau bisa diberikan pakan jenis kutu air atau fitoplank ton dapnia juga biasa. Pakan diberikan setiapm pagi jam 07.00 – 08.00 WIB dan sore hari jam 16.00 – 17.00 WIB. Kalau sulit mencari dapnia dan kutu air bisa diberikan dengan pakan jentik nyamuk dan kalau mash sulit mencarinya bisa diberikan cacing darah/sutra. Bila diberikan cacing darah/sutra akan menimbulkan kegamukan pada badan.

Sirip Ikan Cupang

Selanjutnya bentuk ekornya/siripnya, pilihlah letak ekor dan badannya seimbang jangan terlalu menjorok keatas. Pilihlah sirip yang berbentuk 100 drajat atau disebut Half Moon, usahakan jangan memilih ekor cupang yang kurang lebar karena dapat adanya celah bila ekor cupang berkembang dan dapat kelihatan jelek. Pilih ekor seritnya yang rapi dan jangan memilih serit ikan cupang yang transparan. Sirip ikan cupang sangat berpangaruh dalam hal keindahan untuk kriteria ikan cupang kontes.  

Badan Ikan Cupang

Selanjutnya untuk badannya pilihlah badan ikan cupang yang besar dan jangan yang panjang, karena bila memilih yang panjang ikan cupang akan berkembang menjadi besar  dan akan menimbulkan celah pada siripnya. Lihat lah cupang tersebut harus sering berenang didayar atau di  tengah karena bila cupang berenag di permukaan ikan cupang akan seritnya bisa patah.

Warna Ikan Cupang

Selanjutnya adalah masalah warna, dalam masalah warna ikan cupang tergantung pada kriteria masing – masing karena ikan cupang juga dapat dijadikan ikan cupang hias. Bila anda menyukai warna yang combinasi usahakan mimilih  warna pada cupangnya dibagian sirip dan ekornya terlihat rapi. Sedangkan bila anda menyukai jenis ikan yang warna dasar usahakan jangan ada warna lain dari ikan dan usahakan pada dasinya juga harus sama.  
            Kalau bisa usahakan bila anda membeli ikan langsung kepeternaknya selain harganya yang lebih murah anda juga bisatanya cara – cara memeliharaikan nya.


Berikut adalah ilmu tentang kriteria ikan cupang kontes yang dapat saya berikan untuk kurang lebihnya saya mohon maaf. Semoga dapat bermanfaat bagi yang membacanya.


Related Posts

Cara Memilih Kriteria Ikan Cupang Kontes Juara
4/ 5
Oleh