Kamis, 09 Februari 2017

Tips Pembesaran Ikan Gurame yang Mudah di Terapkan di Kolam Beton Maupun Kolam Terpal

       Cara budidaya ikan gurame dapat dilakukan pada  kolam terpal maupun kolam beton. pembesaran ikan gurame sebenarnya tidak terlalu sulit karena ikan gurame termasuk jenis ikan air tawar. Ikan gurame dapat dipasarkan pada tingkat level restoran maupun supermarket sehingga budidaya ikan gurame memiliki potensi bisnis yang sangat tinggi dan stabil. Kalangan masyarakat konsumsi ikan gurame mengalami peningkatan. Bisnis ikan gurame mungkin harus dicoba di halaman rumah maupun belakang rumah. Ikan gurame sangat memerlukan lahan yang luas dan juga perairan yang terjaga. Untuk kolam bisa dari bahan beton ataupun terbuat dari terpal. Selebihnya cara budidaya dapat dilihat dibawah ini   

Pembesaran ikan gurame
Ikan Gurame

TAHAP - TAHAP PEMBESARAN IKAN GURAME

Persiapan kolam 

        Pembesaran ikan gurame hal pertama yang harus dilakukan adalah persiapan kolam. Hal ini sangat penting karena selain dibuat untuk budidaya persiapan kolam juga berfungsi sebagai tempat tumbuhnya makanan alami seperti plankton, fitoplankton, zooplankton dan lain lain. Makanan alami sangat penting karena makanan alami dapat membantu dalam hal pengiritan pakan. Untuk gambaran kolamnya sendiri paperti ukuran bisa 10 x 10 ataupuan yang lainnya sesuei lahan yang dimiliki yang penting padat tebar ikan gurame 15-20 ekor/M2 untuk kedalaman nya 100-150 cm. untuk ukuran bibit 5cm menggunakan pakan merek pf. 1000 isi 10kg/sak. untuk makanan tambahan biasanya bisa diberi dedaunan seperti daun kangkung atau daun lompong.

Perawatan Lahan Ikan Gurame

  • Sebelum di isi dengan air kolam terlebih dahulu dikeringkan selama kurang lebih 5-7 hari ini berguna agar hama maupun penyakit dapat hilang.
  • Kemudian pada saat panjemuran taburkan garam gresek atau kapur untuk membunuh hama dan penyakit dalam terpal ataupun pada beton.
  • Setelah itu persiapkan pupuk kandang dengan cara terlebih dahulu jemur pupuk kandang yang sudah melalui fermentasi yang menggunakan ragi tape dan cairan gula, setelah pupuk yang di fermentasi di jemur selama 2 hari masukkan kedalam sak/karung kemudian karung yang sudah terisi diberi lubang dengan paku dan jangan lupa ditambah kan batu sebagai pemberat agar tidak mengapung kemudian masukkan kedalam kolam di isi air sebanyak kira-kira 50cm, 
  • Kemudian masukkan UREA satu sendok dan diamkan selama 4 hari 
  • Setelah 4 hari masukkan benih ikan gurame dengan cara masukkan benih ikan gurame pada ember kemudian diamkan ember yang sudah diberi benih gurame selama 10-15 menit agar ikan gurame dapat menyesuekan suhu dengan suhu kolam, kemudian tuang ember selama perlahan biarkan ikan gurame keluar dengan sendirinya dari kolam.

Pemilihan Benih 

      Sebelum melakukan budidaya ikan gurame yang harus kita perhatikan adalah pemilihan benih yang akan berpengaruh pada hasil dari pemanenan ikan gurame. Pertama dalam pemilihan benih adalah benih biasanya didapat dari pembibitan sendiri ataupun bibit dari pembudidaya lainnya yang sedia benih ikan gurame. Tetapi bagi pembudidaya pembesaran ikan gurame biasanya beli ketempat petani lain yang sudah melakukan pembenihan sendiri. 

         Bibit yang sekiranya dapat dipakai kira-kira 3 jari orang dewasa. bila bibit terlalu kecil dikhawatirkan tidak dapat beradaptasi dengan baik pada kolam sehingga dapat menimbulkan kematian masal pada budidaya ikan gurame. Jadi dapat disarankan dalam pemilihan benih ikan gurame seharusnya benih tidak terlalu kecil karena dapat dikhawatirkan bisa menimbulkan kematian masal pada benih ikan gurame. Selain benih kondisi kualitas air juga diperhatikan dan gizi pada pakan juga di perhatikan seperti penambahan probiotik pada pakan ikan gurame dengan cara pakan dicampurkan/direndam dengan probiotik selama 10 menit.

Pemberian Pakan 

     Setelah benih ikan gurame ditebar pada kolam yang perlu diperhatikan adalah pemberian pakan. Tahap pemberian pakan sebaiknya ikan gurame diberi makan sesuei dengan bukaan mulutnya sehingga pakan dapat masuk dan tidak dimuntah kan kembali. Tahapan ini sebaiknya dalam pemberian pakan ikan gurame perlua adanya makanan tambahan seperti penambahan sayur-sayuran seperti daun kangkung. Pemberian pakan ini dilakukan dua kali dalam sehari, pakan sebaiknya diberi pada pagi hari dan sore hari, dalam pemberian pakan sebaiknya diberikan berganti - ganti seperti pada pagi hari diberikan sayuran dan sore diberikan pelet ataupun sebaliknya. Pemberian pakan harus teratur hal ini bertujuan agar ikan dapat tumbuh cepat.


Pemanenan Ikan Gurame

       Pemanenan ikan gurame dilakukan pada bulan ke 7 - 8, atau pada saat bobot mencapai 0,7 - 1 kg/ekor, ukuran tersebut sangat ideala untuk ikan gurame sebagai ukuran konsumsi. Biasanya ikan gurame dalam 1 kg dihargai dengan harga 30.000 - 40.000 tergantung daerah masing - masing.

           Berikut ini cara budidaya ikan gurame pada kolam terpal maupun kolam beton. Semoga bermanfaat informasi tentang cara pembesaran ikan gurame 


Mungkin yang ingin anda lihat : Pembesaran Ikan Nila
                                                     Pembesaran Ikan Koi
                                                     Pembesaran Udang Vanname




Related Posts

Tips Pembesaran Ikan Gurame yang Mudah di Terapkan di Kolam Beton Maupun Kolam Terpal
4/ 5
Oleh

2 komentar