Selasa, 18 April 2017

Makanan Ikan Cupang yang Kaya Akan Gizi

            Makanan Ikan CupangIkan cupang adalah ikan yang mempunyai sifat makan omnivora tapi cenderung ke karnivora atau pemakan daging. Ikan cupang juga termasuk ikan hias maupun ikan aduan. Untuk menjaga kualitas ikan cupang dapat pula dilihat dari jenis makanan yang diberikan. Pakan ikan cupang ada berbagai jenis yang bisa diperoleh dan memiliki kelebihan masing – masing. Berikut jenis pakan ikan cupang yang sering digunakan untuk ikan aduan maupun ikan cupang hias.

Jenis – jenis pakan ikan cupang

Jentik Nyamuk

jentik nyamuk

            Jentik nyamuk adalah makanan yang sering digunakan untuk makanan ikan cupang selain mudah didapat jentik nyamuk juga mengandung banyak protein yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ikan dan mengencangkan otot – otot ikan cupang. Ikan cupang biasa diberi 2-4 jentik setiap pemberian. Pemberian pakan jentik nyamuk biasanya harus dipilih dan dibersihkan terlebih dahulu, agar ikan tidak terkena penyakit atau pun bakter. Cara pemilihan dan pembersihan ikan cupang dengan cara jentik nyamuk yang sudah didapat dari alam kemudian masukkan kedalam ember yang masih bersih kemudian pilih yang tenggelam karena biasanya yang mengambang dalam air itu bukan jentik nyamuk.

Cacing Darah

Cacing Darah

            Cacing darah adalah makanan ikan cupang yang disarankan sebagai makanan alternatif saja, karena ikan cupang begitu kurang suka dengan cacing darah apa lagi bila cacing itu sudah dikeringkan dan mati, maka dari itu usahakan bila ingin memberi makan dengan cacing darah dalam keadaan hidup. Cacing darah ini memiliki kelebihan yaitu cacing darah sangat mudah di dapat dan menjadikan ikan akan cepat besar namun pemberian pakan ikan cupang yang berlebih akan mengakibatkan perut ikan menjadi kembung dan jelek untuk di pandang.

Artemia

Artemia

            Pakan ikan cupang berjenis artemia juga sering digunakan sebagai makanan alternatif yang memiliki banyak kandungan gizi yang tinggi. Artemia biasa digunakan sebagai pakan ikan cupang saat masih kecil.

Kutu Air

Kutu Air

            Kutu air adalah pakan ikan cupang yang sering digunakan saat ikan cupang masih kecil namun tidak juga pada umur dewasa, kutu air juga diberikan. Kutu air ini tidak dapat untuk mempercepat pertumbuhan ikan cupang karena kutu air memiliki sedikit lemak yang terkandung namun jangan khawatir kutu air memiliki kelebihan akan menjadikan tulang menjadi kuat dan warna menjadi cerah, oleh sebab itu kutu air juga digunakan untuk ikan cupang dewasa.

Kuning Telur

Kuning Telur

            Kuning telur adalah Makanan ikan cupang pada saat ikan cupang mesih kecil ataupun sudah dewasa, kuning telur ini diberikan hanya saja untuk makanan alternatif karena bila terlalu banyak akan menyebabkan kualitas air menjadi buruk dan menyebabkan penyakit pada ikan cupang. Kuning telur diberikan dengan cara direbus terlebih dahulu kemudian kuning telur diambil sedikit demi sedikit sesuai dengan bukaan mulut atau ukuran ikan cupang.

Anakan Ikan Guppy

Anakan Ikan Guppy

            Anakan guppy biasanya yang digunakan untuk makanan ikan cupang jenis giant, karena anakan guppy dapat mempercepat untuk pertumbuhan ikan cupang jenis giant. Ingat anakan ikan guppy yang diberikan ke ikan cupang usahakan dari sungai atau pun selokan dan jangan jenis ikan guppy hias.

Vineger eels

Vineger eels

Vineger eels atau disebut belut kecil ini biasanga didapat dari selokan yang sering berenang di atas permukaan air. Vineger eels ini sangat cocok di berikan keikan cupang kecil maupun ikan cupang dewasa. Vinegeer eels bisa dibudidayakan sendiri dengan menggunakan cukan dan apel.

Baca Juaga: Pakan Ikan Arwana


Berikut artikel tentang jenis makanan ikan cupang yang sangat cocok untuk diberikan. Mudah – mudahan dapat membantu anda dalam menemukan referensi dan juga dapat membantu pakan mana yang akan diberikan ke pada ikan cupang. Terima Kasih.

Related Posts

Makanan Ikan Cupang yang Kaya Akan Gizi
4/ 5
Oleh