Saturday, April 15, 2017

Cara Merawat Ikan Arwana DI Dalam Aquarium

         Cara Merawat Ikan Arwana. Ikan arwana merupakan ikan yang masih banyak penggemarnya di indonesia. Ikan arwana pula bisa dijadikan ikan hias diruang tamu rumah anda karena sangatlah mudah untuk merawatnya. Namun merawat ikan arwana diperlukan kesiapan yang begitu matang. Cara merawat ikan arwana baik itu arwana silver, ikan arwana super rad dan ikan arwana jenis lainnya diperlukan tempat yanng nyaman diaquarium. Usaha kan aquarium seperti di lingkungan ikan arwana itu sendiri. Berikut cara merawat ikan arwana diaquarium.

Cara Merawat Ikan Arwana di dalam aquarium

Tahapan Cara Merawat Ikan Cupang

Persiapan Aquarium Ikan Arwana

            Ikan arwana adalah ikan yang dapat di rawat dimana saja baik itu aquarium ataupun dalam kolam. Disini saya akan menerangkan bagaimana cara merawat ikan arwana di aquarium. Ikan arwana ini bila di alam liar bisa mencapai panyang sekitar 90 – 100 cm sehingga aquarium usahakan berukuran kira – kira dengan panjang 3X dari panjang tubuh ikan arwana dan disaran kan dengan lebar aquarium sekitar 1,5X panjang tubuh ikan arwana.
            Persiapan wadah ikan arwana selanjutnya diperlukan barang – barang sebagai berikut :
Heater dan Thermometer. Alat ini berfungsi agar menjaga suhu didalam akuarium tetap setabil.
Aerator. Alat ini diperlukan didalam aquarium sebagai penambah udara, sehingga oksigen akan bertambah di dalam aquarium ikan arwana.
Lampu TL. Sebagai alat untuk memperindah aquarium. Namun untuk lampu ini juga diperhatikan kapasitas watt nya karena dapat meningkatkan suhu di aquarium.
Filter. Alat ini digunakan sebagai penyaring kotoran atau sisa pakan didalam aquarium.
Penutup aquarium. Alat ini berfungsi agar ikan arwana tidak dapat melompat keluar aquarium, alat ini penting karena ikan arwana yang memiliki sifat predator dan di alam bebas ikan ini sering melompat.

Pengontrolan Kualitas Air Ikan Arwana

            Pengecekan kualitas air ikan arwana kalau bisa dilakukan setiap hari. Ikan arwana memiliki kualitas air yang normal berkisar dengan suhu antara 26 – 300C dan untuk ukuran pH berkisar antara 6 – 7. Untuk kualitas air pada suhu bisa dilakukan perlakuan pemberian hiter pada aquarium dan bila untuk pH menurun dilakukan pengapuran yang larut dalam air.
            Selanjutnya pergantian air aquarium ikan arwana terdapat dua cara yang pertama kuras air total, ini bisa dilakukan antara 2 - 3 bulanan sekali dan cara yang ke dua dilakukan setiap hari namu dikurangi 10 % dari total air di aquarium. Bagi anda yang menggunakan air dari PAM sebaiknya air di diamkan terlebih dahulu selama 24 jam agar air tersebut yang memiliki kandungan khlor dapat mengendap.

Pemberian Pakan Ikan Arwana

            Ikan arwana merupakan ikan predator atau ikan yang memiliki sifat karnivora. Sehingga ikan arwana diberimakanan berupa makanan yang hidup dan usahakan mengapung karena makanan yang mengapung dipermukaan air dapat menjaga kesehatan mata ikan arwana. Pemberian pakan ikan arwana harus disesueikan dengan bukaan mulut ikan arwana pada saat ikan arwana kecil diberikan kutu air, artemia, cacing sutra dan jentik nyamuk. Pada saat dewasa diberikan seperti jangkrik, kecoa, cicak, udang, pelet, ikan kecil, anak katak dan kelabang. Disaran kan ikan arwana diberi makan 3X dalam 1 hari pada waktu pagi jam 07.00 – 08.00 WIB dengan pemberian jangkrik sekitar 2-3 ekor, siang hari jam 11.00 WIB diberikan anak katak 1 ekor dan sore jam 16.00 – 17.00 WIB diberi kan 1 anak katak. Berikut penjelasan tentang Makanan Ikan Arwana Dewasa 

Penambahan Hiasan di Aquarium

            Penambahan ini bisa dilakukan karena penambahan seperti adanya tanaman air dan ikan hias lainnya bisa diberikan. Penambahan tanaman air ini berfungsi agar ikan arwana dapat merasakan kehidupan seperti dialam liar dan memperindan aquarium. Untuk ikan yang dapat disandingkan oleh ikan arwana adalah ikan oscar, ikan pari dan ikan parrot dan masih banyak lagi ikan yang bisa disandingkan dengan ikan arwana.



            Berikut penjelasan tentang cara merawat ikan arwana di aquarium. Untuk kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar – besarnya tentang artikel ikan arwana.   

Related Posts

Cara Merawat Ikan Arwana DI Dalam Aquarium
4/ 5
Oleh