Kamis, 15 Juni 2017

Bagaimana Cara Pendederan Ikan Lele yang Mudah Untuk Dipraktekkan Oleh Para Pemula

            Bagaimana Cara Pendederan Ikan LelePendederan adalah proses setelah proses pembenihan. Pendederan ini sangat penting karena dalam proses ini ikan akan mulai membiasakan diri dengan makanan dan lingkungan hidupnya. Pendederan ini juga bermanfaat untuk kita bisa menentukan grade atau kualitas setiap benih ikan lele tersebut, untuk grade biasanya di bagi menjadi 3 yaitu grade A, B dan C. Pemilihan grade ini bisa dilihat dari cepat tidaknya pertumbuhan benih tersebut semakin,  cepat berarti ikan tersebut masuk kedalam gread A. Pendederan itu sendiri memerlukan cara khusus agar benih ikan lele tidak mati berikut cara pendederan ikan lele :

pendederan ikan lele

Cara Pendederan Ikan Lele

Persiapan Kolam Pendederan Ikan Lele

            Kolam pendederan ini tidak memerlukan ukaran tertentu namun disarankan tidak terlalu besar karena agar kita mudah mengontrolnya. Misalnya menggunakan ukuran 2 x 3 – 3 x 4 dengan kedalaman 0,75 – 1 meter. Kolam pendederan bisa menggunakan terpal, beton bisa juga viber. setelah kolam siap maka kolam terlebih dahulu dikeringkan agar kolam terbebas dari penyakit yang menempel pada kolam. Setelah pengeringan selesei isikan, untuk yang pertam isi dengan kedalaman 30 – 40 cm terlebih dahulu, ini bertujuan agar ikan dapat mengambil oksigen dengan mudah. Alangkah lebih bagusnya air dalam kolam mengalir walaupun sedikit, serta  pada outlet (lubang pengeluaran) diberi jaring yang kecil agar ikan tidak keluar melalui outlet.

Penebaran Larva Ikan Lele

            Penebaran larva ikan lele harus dilakukan secara berhati – hati karena ikan lele yang masih kecil sangat rentang terhadap perubahan suhu yang sangat mendadak. Penebaran larva ikan lele ke kolam pendederan bisa dilakukan dengan cara siapkan ember dan isi air dari kolam pendederan, setelah itu taruh ember pada kolam pendederan setelah itu ambil larva ikan lele dengan jaring yang tipis kemudian masukkan kedalam ember yang terletak di kolam pendederan kemudian diamkan selama 10 – 30 menit, setelah itu miringkan ember tersebut dan biarkan ikan lele keluar dengan sendirinya. Penebaran larva ikan lele ke kolam pendederan memiliki kepadatan sekitar 400 – 600 ekor/m2 dengan kira – kira ukuran benih 1 – 3 cm.

Pemberian Pakan Benih Ikan Lele

            Pemberian pakan benih ikan lele ini dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan bukaan mulut ikan tersebut. Pertama benih ukuran 1 – 2 cm biasanya diberikan makanan tepung pelet yang lembut yang memiliki protein tinggi sekitar 35 – 40, karena benih ikan yang masih kecil sangat memerlukan protein yang sangat tinggi buat pertumbuhan agar cepat. Setelah mencapai ukuran 3 – 6 ini bisa diberikan makanan pelet yang bulat tapi masih di sesuaikan dengan bukaan mulut ikan lele tersebut.
            Pemberian pakan ini diberikan 3 – 5 kali dalam sehari. Pemberian pakan bisa diberikan pada waktu pagi, siang, sore dan malam, pada waktu malam hari usahakan pakan diberikan agak banyak, karena ikan lele termasuk ikan yang nokturnal atau akatif dimalam hari. Pemberian pakan ini juga harus diperhatikan karena sisa pakan yang tidak dimakan akan menjadi amoniak yang dapat menjadi racun untuk proses pendederan ikan lele.

Pemanenan Benih Ikan Lele

            Pemanenan ini dilakukan sekitar benih berumur 8 – 10 minggu atau sekitar ukuran 5 – 7 cm. Pemanenan ini usahakan dilakukan secara hati – hati karena benih ikan yang masih kecil masih gampang terkena lukan dan tubuhnya masih lemah. Ukuran benih ikan lele ini bisa langsung di jual atau bisa dilanjutkan ke proses pembesaran ikan lele. Berikut cara pembesaran ikan lele  

Baca juga : Cara pembenihan ikan lele            

            Berikut adalah artikel tentang bagaimana cara pendederan ikan lele yang mudah untuk dipraktekkan oleh para pemula. Semoga artikel ini dapat di jadikan referensi untuk petani ikan lele pemula maupun yang sudah lama melakukan nya. Untuk kurang lebihnya sanya mohon maaf dan terima kasih telah membacanya. Semoga bermanfaat.            

Related Posts

Bagaimana Cara Pendederan Ikan Lele yang Mudah Untuk Dipraktekkan Oleh Para Pemula
4/ 5
Oleh