Jumat, 17 Februari 2017

Pembesaran Ikan Bawal yang Mudah Dilakukan Bagi Pemula

Usaha pembesaran Ikan bawal sangat menjanjikan, karena ikan bawal masih diminati dikalangan lokal hal ini dibuktikan dengan tingginya permintaan ikan bawal. Tentunya permintaan ikan bawal tidak hanya dikalangan lokal, sekarang ikan bawal sudah sangat diminati dikalangan mancanegara. Selain ikan bawal banyak peminat nya, ikan bawal juga sangat mudah untuk dipelihara dalam kolam terpal maupun kolam tanah. Oleh sebab itu bisnis pembesaran ikan bawal sangat menguntungkan. Berikut adalah cara pembesaran ikan bawal di kolam.


pembesaran ikan bawal
Pembesaran ikan bawal

Proses Budidaya Ikan Bawal

Persiapan Kolam Pembesaran Ikan Bawal

          Ikan bawal sangat mudah untuk dilakukan pembesaran, sehingga ikan bawal dapat dibudidayakan di kolam terpal maupun kolam tanah. Berikut adalah persiapan masing – masing kolam : 
  • Pertama cara pembuatan kolam terpal. Kolam terpal sekarang  menjadi alternatif bagi petani pembesaran ikan bawal, karena kolam terpal mudah dibuat dan cocok untuk ruangan dimanapun. Tapi hal yang perlu di perhatikan dalam pembuatan kolam terpal adalah setelah kolam dibuat, bersihkan kolam dengan air untuk menghindari kotoran atau virus yang dapat melekat pada kolam/terpal. Selanjutnya kolam diisi air sesuei dengan kebutuhan minimal kira-kira 70cm. Setelah itu tutup kolam dan diamkan selama kurang lebih 2-3 hari. Setelah 2-3 hari kolam diberi daun pepaya atau daun ketapang, ini digunakan agar kolam lebih steril dari hama dan penyakit yang merugikan. Setelah itu diamkan kolam selama 4-7 hari agar daun pepaya yang berfungsi sebagai antiseptik dapat bekerja.
  • Kedua ada yang menggnakan kolam tradisonal atau kolam tanah. Hal pertama setelah kolam tanah selesai dibuat untuk usaha pembesaran ikan bawal adalah dasar kolam dikeringkan terlebih dahulu tetapi jangan sampai terlalu kering. Setelah kolam kering dilakukan penambahan kapur dengan dosis 50 kg/200m2. Jenis kapur yang dapat digunakan adalah berjenis dolomit maupun tohor dalam pengapuran berfungsi sebagai peningkat pH dan membunuh hama dan penyakit dalam kolam. Setelah itu dilakukan pemupukan agar tanah dapat subur kembali sehingga makanan alami bisa tersedia. Pupuk dapat menggunakan dengan pupuk organik dengan dosis 50-100 kg/200m2 dan juga menggunakan pupuk buatan seperti TSP 6 kg/200m2. Pemupukan pupuk organik yang digunakan dipastikan sudah difermentasi sehingga tidak menjadi racun bagi ikan bawal. Setelah pemupukan selesai dilakukan pengisian air secara bertahap. Pertama kolam diisi air dengan ketinggian kira-kira 5 cm dan biarkan selama kurang lebih 1-3 hari. Setelah itu isikan kolam dengan sedikit demi sedikit tergantung kebutuhan kolam. Jarak dari pemupukan sampai penebaran benih kira-kira 6-10 hari.

Penebaran Benih Ikan Bawal

         Proses penebaran benih ikan bawal diharapkan agar menggunakan benih yang sehat, karena benih yang sehat dapat mempengaruhi kelulus hidupan ikan bawal. Penebaran benih dilakukan dengan cara diadaptasikan terlebih dahulu dengan cara benih yang sudah datang bila di bungkus dengan plastik bisa dengan masukkan plastik yang berisi benih ikan bawal kedalam kolam dan diamkan selama kurang lebih 10-15 menit, kemudian keluarkan ikan secara perlahan  dan biarkan ikan keluar sendiri setelah plastik dibuka.
        Ikan bawal adalah ikan yang omnivora sehingga dalam pemberian pakan diberikan dua jenis makanan seperti pemberian daun-daunan dan pelet. Banyaknya pakan yang diberikan dapat dilihat dari berat tubuh ikan itu sendiri, untuk ikan bawal pakan yang diberikan 3-5% dari berat tubuh ikan bawal, ini bisa dicek dalam setiap 2 minggu sekali. Pemberian pakan 3-5% perhari dapat diberikan 2 kali sehari pagi dan sore hari. 

Panen Ikan Bawal

       Tahap pemanenan ikan bawal dilakukan setiap 3-4 bulan sekali atau dengan berat tubuh ikan bawal nencapai 400-500 gram/ekor. Pemanenan untuk penampungan ikan bawal sebaiknya ditempat yang agak luas dan airnya mengalir.

     Berikut adalah informasi tentang tata cara pembesaran ikan bawal. Semoga bermanfaat dan dapat diamalkan dan dapat menjadi usaha yang berkembang. 

Baca juga: Pembesaran Ikan Nila

Related Posts

Pembesaran Ikan Bawal yang Mudah Dilakukan Bagi Pemula
4/ 5
Oleh