Tuesday, February 7, 2017

Ikan Bandeng

           Klasifikasi dan Morfologi Ikan Bandeng (Chanos chanos Forsskal)
       Menurut Sudrajat (2008) taksonomi dan klasifikasi ikan bandeng dapat dilihat pada Gambar adalah sebagai berikut:
           Kingdom          : Animalia
Phylum            : Chordata
Subphylum      : Vertebrata
Class               : Osteichthyes
Ordo                : Gonorynchiformes
Family              : Chanidae
Genus              : Chanos
Spesies            : Chanos chanos Forsskal
Nama dagang  : Milkfish
Nama lokal       : Bolu, muloh, ikan agam


Ikan Bandeng (Chanos chanos Forsskal), (Sudrajat (2008).

Ikan bandeng secara morfologi dicirikan dengan bentuk memanjang berbentuk seperti terpedo. sirip ekor bercabang (Forked), pada bagian tubuhnyan tersusun sisik-sisik kecil yang teratur membentuk cycloid. Tubuhnya berwarna putih keperakan terutama pada bagian perut (ventral), sedangkan pada bagian punggung (dorsal) warnanya biru kehitaman. Garis linealateralis jelas terlihat memanjang dari bagian belakang tutup insang sampai ke pangkal ekor. Ikan bandeng dewasa dapat mencapai bobot 4-14 kg dengan panjang 50-150 cm (Aqil, 2010). 

Habitat
Bandeng adalah ikan asli air laut yang dikenal sebagai petualang ulung, walaupun dapat hidup di tambak air payau maupun dipelihara di air tawar. Ikan ini dapat berenang mulai dari perairan laut dengan salinitas tinggi, 35 ppt atau lebih (ini adalah habitat aslinya), mendekat kemuara-muara sungai dengan salinitas 15-20 ppt, dan masuk kesungai dan danau yang airnya tawar. Sifatnya yang demikian menyebabkan bandeng digolongkan sebagai ikan euryhaline, dapat beradaptasi pada kisaran salinitas yang luas ( Kordi dan Andi, 2010).
Ikan bandeng termasuk ikan air laut yang dapat dibudidayakan oleh manusia ditambak. Jenis ikan ini saat ini juga sudah dapat dibudidayakan di keramba jaring apung pada air tawar, hal ini dikarenakan sifat ikan ini yang euryhaline (tahan terhadap perubahan yang besar dari kadar garam dalam air) (Gusrina, 2014). 

Related Posts

Ikan Bandeng
4/ 5
Oleh